Jumat, 28 September 2012

Cerpen Persahabatan

Arti Sebuah Kebersamaan

“Selamat pagi Gary….”sapa ku pada seekor siput laut kecil yang selalu menemani hari-hariku. Gery hanya menganggukkan kepalanya pertanda membalas sapaanku.  Dari luar terdengar suara seseorang sedang memanggilku. “Hai..Spongebob! ayo kita ke ladang ubur-ubur…!”
Suara tersebut berasal dari Patrick si bintang laut yang tinggal di dekat rumah Spongebob. Mereka hidup berdampingan di kota Bikini Bottom ini. Hal yang paling sering mereka lakukan adalah berburu ubur-ubur. Spongebob dan Patrick sudah seperti saudara. Banyak hal-hal yang menyenangkan mereka lewati berdua.

Karena merasa bosan berburu ubur-ubur akhirnya Spongebob dan Patrick memutuskan untuk berkeliling kota Bikini Bottom. Saat sedang asyik menikmati perjalanan, mata mereka tertuju pada sebuah toko. Di depan toko tersebut tertulis “Menjual Cairan Ajaib”.
“Ayo Patrick kita beli cairan itu….” ajak Spongebob. Tanpa pikir panjang mereka masuk ke toko tersebut dan langsung membeli cairan yang mereka maksud. Setelah keluar dari toko, Spongebob dan Patrick menyemprotkan cairan ke tubuh masing-masing sesuai dengan prosedur yang disampaikan penjual. Dan ternyata cairan itu membuat tubuh mereka tidak terlihat.

“Spongebob…aku punya ide bagus” kata Patrick sambil tersenyum licik. Ternyata Patrick berencana menjahili warga Bikini Bottom dan Spongebob menyetujui rencana tersebut.  Tanpa pikir panjang, mereka langsung memulai aksi jahilnya.  Warga Bikini Bottom satu persatu mereka datangi.  Ada yang ketakutan, lari terbirit-birit hingga ada yang pingsan. Namun aksi jahil mereka tidak berlangsung lama, karena efek dari cairan tersebut habis dan warga Bikini Bottom mengetahui kejahilan mereka. Warga Bikini Bottom langsung mengejar Spongebob dan Patrick. Mereka pun tak diberi ampun oleh warga kota.

Itulah salah satu hal yang kerap kali dilakukan oleh Spongebob dan Patrick, melakukan kejahilan-kejahilan yang membuat warga Bikini Bottom geram. Mereka suka membuat ulah yang tanpa mereka sadari hal tersebut membuat orang lain risih bahkan merasa terganggu. Tetapi mereka tidak pernah jera dan menganggap hal tersebut adalah kesenangan bagi mereka.

Kebersamaan mereka begitu hangat.  Namun tak jarang juga perselihan terjadi pada Spongebob dan Patrick.Hingga akhirnya pada suatu malam mereka bertengkar karena Patrick menolak memperlihatkan isi kotak rahasianya kepada Spongebob. Hal tersebut membuat Spongebob tidak bisa tidur dan memutuskan untuk mencuri kotak rahasia tersebut.  Aksi Spongebob akhirnya diketahui oleh Patrick. Spongebob pun meminta maaf dan kembali pulang ke rumah. Patrick tertawa dan membuka kotak tersebut, yang ternyata berisi foto memalukan Spongebob.

Meskipun hal-hal seperti pertengkaran sering terjadi, namun mereka berusaha meminta maaf dan kembali bersahabat. Susah senang, suka duka mereka lalui bersama. Tak kenal waktu dan tak kenal lelah. Hari-hari yang mereka lalui bersama dituangkan dalam sebuah lagu, yaitu “best day ever”. Tak ada kata berakhir dalam sebuah persahabatan.  Spongebob dan Patrick adalah contoh dua sahabat yang memberi banyak kesan di Bikini Bottom tempat mereka tinggal. Walaupun dengan kejahilan-kejahilan yang mereka lakukan tersebut sering membuat warga Bikini Bottom merasa risih dan terganggu. Dari kehidupan mereka kita dapat mengerti arti sebuah kebersamaan, saling menghargai dan menyanyangi.

Begitu indahnya sebuah kebersamaan. Tak bisa dipungkiri, setiap manusia terlahir sebagai makhluk sosial, yang selalu membutuhkan manusia lainnya dalam kehidupan. Kebersamaan merupakan sisi kehidupan yang unik dan penuh pembelajaran yang memberi arti untuk setiap aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar